Selasa, 10 November 2015

Cara download Journal Gratis di Science direct

Situs sciencedirect.com adalah salah satu situs lengkap penyedia jurnal sains internasional yang sudah sangat terkenal, bahkan beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia ada yang berlangganan dengan penyedia jurnal ini sehingga mahasiswa dan dosen di perguruan tinggi tersebut bisa akses jurnal sepuasnya.

Tapi bagi kita yang bukan mahasiswa dari Perguruan Tinggi berlangganan, apakah kita bisa mendapatkan jurnal gratis? Jawabannya ya. Saya akan memberikan 2 cara untuk mendapatkan jurnal gratis dari sciencedirect, cara pertama adalah cara BAIK-BAIK dan cara SIP. Cara baik-baik artinya kita menggunakan aturan Sciencedirect agar menggunakan jurnal gratis yang disediakan mereka jika kita tidak punya dana (terlalu kasar bahasanya :-D) dan silahkan beli untuk jurnal yang tidak gratis. Dan cara kedua adalah cara SIP, artinya kita tidak menggunakan aturan sciencedirect seperti cara pertama.

Cara BAIK-BAIK seperti langkah berikut:
1.   Buka sciencedirect.com
2.   Arahkan ke kanan atas layar anda, cari kata "Advanced Search" kemudian klik! 
3.   Masukkan jurnal yang anda cari di kolom "Search For", dan jangan lupa centang hanya pada "Open Access Articles"

4.   Setelah itu tekan Enter, dan akan muncul seperti gambar di bawah ini. Ini contoh yang saya cari adalah jurnal mengenai Perovksit.


Selanjutnya adalah cara SIP. Caranya kurang lebih seperti ini:

1.   Buka situs http://libgen.org/scimag/
2.   Masukkan doi di kolom pencarian pada situs tersebut, contoh doi adalah kode 10.1016/j.meatsci.2012.08.006 dari http://dx.doi.org/10.1016/j.meatsci.2012.08.006 yang di dapatkan pada preview atau abstrak jurnal di sciencedirect. Untuk mendapatkan doi di sciencedirect, ikuti langkah berikut:
1.           buka sciencedirect.com
2.           masukkan jurnal yang dicari, misal tentang "Cinta", dan tekan Enter
3.           Setelah hasil pencarian terbuka, klik pada judul jurnal sehingga abstrak akan terlihat. 
4.           perhatikan sebelah kanan tampilan web tersebut, cari kode seperti kode doi di atas.
3.   setelah kode doi dimasukkan, tekan enter
4.   klik pada tulisan biru misal 10.1016/s0304-5013(07)73203-x seperti pada gambar di bawah ini:
Sip kan?hehe, cara SIP ini sepertinya juga bisa digunakan pada jurnal amerika ACS (http://pubs.acs.org/) atau jurnal lain. Silahkan dicoba sendiri. Cara SIP ini juga bisa dilihat di file pdf, sip kan???!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar